Anwar: Kualitas Petani di Desa Perlu Ditingkatkan

Dilihat: 5 views

Anwar: Kualitas Petani di Desa Perlu Ditingkatkan

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengakui, kualitas sumber daya manusia di desa masih tergolong rendah hingga pengolahan hasil pertanian kurang maksimal.

Menurut Anwar Sanusi, mayoritas petani di perdesaan masih menggunakan sistem yang serba tradisional.

Sehingga, perlu diberikan akses pendidikan dan edukasi untuk meningkatkan kualitas petani di perdesaan.

“Kami melihat terkait dengan pertanian, hampir semua itu ditularkan secara tradisional, secara turun menurun dari generasi ke generasi mengajarkan bagaimana itu bertani,” kata Anwar Sanusi saat Kuliah Online Akademi Desa 4.0, Jumat (28/8/2020), yang mengambil thema Makna kemerdekaan bagi pembangunan desa.

Anwar Sanusi berujar, untuk meningkatkan kualitas SDM petani di perdesaan diperlukan akses pendidikan dan edukasi. Selama ini, petani menjual hasil panennya tanpa melalui proses produksi yang panjang.

“Contohnya begini, kalau padi hanya setelah panen, dikeringkan lalu dijual. Artinya dijual dalam kondisi basah dijual,” imbuh Anwar Sanusi.

Padahal, kata dia, seandainya petani di perdesaan tersebut diberikan edukasi maka bisa menjual hasil panennya setelah melalu proses yang panjang.

Misalnya dijual dalam bentuk beras atau juga bisa dijual dalam bentuk tepung yang harganya jauh lebih mahal. Dengan demikian, juga dapat menyerap tenaga kerja di perdesaan.

“Disitu beras pun bisa dijual dengan tingkatan yang berbeda-beda sesuai dengan kualitas, kalau kita ajarkan,” kata Anwar Sanusi.

Kuliah Online yang rutin digelar secara daring oleh Kementerian Desa PDTT tersebut, juga disiarkan secara langsung melalui TVDesa.

Dari Humas Kementerian Desa dan PDTT, untuk TVDesa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *